Get me outta here!

Selasa, 29 Agustus 2023

RUANG LINGKUP PROFESI KEGURUAN

 



Assalamualaikum wr.wb
Halo teman-teman,
Pada artikel ini kita akan membahas mengenai ruang lingkup profesi keguruan, sebelum itu mari kita belajar tentang apasih profesi itu?

Apasih profesi itu?

Profesi adalah jenis pekerjaan yang digeluti oleh seseorang. Pekerjaan ini dilaksanakan setelah mengikuti rangkaian pembelajaran dan latihan yang berkepanjangan. Maka dari itu, individu yang menjalani profesi pasti telah melewati langkah-langkah pendidikan dan latihan sesuai dengan standar yang berlaku. contohnya dokter, guru, polisi, dll.

Menurut Rochman Natawijaya dalam Satori (2007) menyebutkan ciri-ciri profesi sebagai berikut. 

  1. Ada standar untuk kerja yang baku dan jelas.
  2.  Ada lembaga pendidikan khusus yang menghasilkan pelakunya dengan program dan jenjang pendidikan yang baku serta memiliki standar akademik yang memadai dan yang bertanggung jawab tentang pengembangan ilmu pengetahuan yang melandasi profesi itu.
  3. Ada organisasi profesi yang mewadahi para pelakunya untuk mempertahankan dan memperjuangkan eksistensi dan kesejahteraannya. 
  4. Ada etika dan kode etik yang mengatur perilaku etika para pelaku profesi dalam memperlakukan kliennya. 
  5. Ada sistem imbalan terhadap jasa layanannya yang adil dan baku. 
  6. Ada pengakuan masyarakat (profesional, penguasa, dan awam) terhadap pekerjaan itu sebagai suatu profesi


Profesi keguruan adalah bidang pekerjaan yang berkaitan dengan pendidikan, pengajaran, dan bimbingan siswa atau individu dalam proses pembelajaran. Tugas utama dari Para guru memiliki tanggung jawab untuk merancang kurikulum, menyusun materi pelajaran, melaksanakan pembelajaran, serta mengukur dan mengevaluasi kemajuan belajar siswa.

Apa saja sih ruang lingkup dari profesi keguruan?

Ruang lingkup profesi keguruan di antaranya adalah layanan guru dalam melaksanakan profesinya, layanannya antara lain: 

  1. Layanan instruksional
    Merupakan layanan mengenai layanan pembelajaran dan pendidikan dengan adanya tugas ini agar menuntut guru untuk menguasai isi atau materi serta wawasan yang berhubungan dengan pembelajaran, dan kemampuan merangkum materi sesuai latar perkembangan dan tujuan pendidikan.  
  2. Layanan administrasi pendidikan 
    Layanan ini sangat penting dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas penyelenggaraan operasional pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan di suatu Lembaga pendidikan dan menentukan maju mundurnya suatu instansi atau Lembaga yang mereka kerjakan. 
  3. Layanan bantuan
    Layanan-layanan tersebut berupaya untuk meningkatkan perkembangan siswa secara optimal.

Sekian, artikel kali ini semoga bermanfaat  bagi teman - teman yang membacanya:)